Featured Highlighted Categories

You'll discover all of the most up-to-date bring innovative here.

Indogabut

Contact form

Marketing Development
Free Online Marketing Curriculum Development that you can directly adapt and execute on your website.
Blogging guide Book
Best Digital Marketing Course/SEO Optimization free to use and implement on your website easily.

Easy Steps To Learn Blogging and Digital Marketing.

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquam necessitatibus libero id, fuga, quis eligendi, ullam optio dolores volupt…
Easy Steps To Learn Blogging and Digital Marketing.
Products

Products

Experiments

Experiments

Google Lab

Google Lab

Game

Game

News Updates

News Updates

Education

Education

Design by - Blogger Templates | Distributed by Free Blogger Templates

Made with Love by

Citron Template is Designed Theme for Giving Enhanced look Various Features are available Which is designed in User friendly to handle by Piki Developers. Simple and elegant themes for making it more comfortable
Off-page SEO
The practice of supporting the growth of web pages in search engines to something in promote increased
Affiliate Product
Even if you don't have your own products to sell, there are 7 steps to follow to started selling online.
Link Building
Inexpensive Link Building Curriculum Creation that you can readily modify and install on your website.
On-page SEO
The technique of contribute towards the development web pages in search engines in order to rank

Apa Itu Backlink? Definisi, Manfaat, dan Cara Membuatnya

apa itu backlink

 Apa Itu Backlink - Ada banyak metode untuk membuat laman website berada di posisi teratas halaman pencarian Google. Salah satunya, dengan menerapkan link building pada laman website. Dari sekian banyak link/tautan yang perlu dibangun, backlink merupakan salah satu yang utama.


Apabila kamu mempunyai backlink yang bermutu, mesin pencarian akan melirik laman web-mu sebagai laman web yang kredibel. Dengan demikian, tiap-tiap konten yang kamu buat nantinya akan lebih gampang menduduki posisi teratas halaman pencarian.


Lalu, bagaimana metode mendapatkan backlink yang disenangi oleh Google? Sebelum menuju pembahasan detailnya, ada baiknya kamu memahami secara khusus apa itu backlink, manfaat, dan metode pembuatannya lewat tulisan kali ini. Let's go!


Apa Itu Backlink?

Backlink ialah link/tautan dari satu website/situs menuju website lain. Dalam istilah SEO, backlink juga disebut sebagai inbound link, incoming link ataupun one way link yang artinya link masuk dan link satu arah.


Website/situs dengan backlink yang baik dan berkualitas akan menerima penilaian positif dari Google ataupun mesin pencarian lainnya. Hal ini disebabkan backlink bisa menjadi penanda kalau suatu laman web bisa dipercaya dan mempunyai konten yang bermutu.


Itulah kenapa laman web dengan backlink bermutu seringkali berada diposisi teratas di halaman pencarian atau SERP.


Tipe-Tipe Backlink

Bagi Anda pengguna WordPress, pasti tak asing dengan istilah nofollow dan dofollow pada CMS WordPress. Keduanya adalah tipe dasar backlink dimana salah satunya benar-benar berguna bagi laman web-mu.


1. Nofollow backlink

Apabila kamu mau menyematkan link/tautan pada suatu konten, tetapi tidak ingin mesin pencarian untuk mengunjungi link tersebut, kamu dapat menerapkan nofollow backlink.


Dengan menerapkan tag nofollow, kamu akan memberitahu mesin pencari untuk mengabaikan link/tautan tersebut. Tag ini, umumnya dipakai pada link yang tak berdampak pada peningkatan ranking ataupun visibilitas website/situs kamu di SERP.


Untuk membikin tag nofollow, kamu cuma perlu menambahkan instruksi nofollow seperti berikut pada CMS WordPress:

nofollow-backlink


2. Dofollow backlink

Dofollow merupakan tipe backlink yang diharapkan oleh seluruh pemilik website/situs. Dikarenakan, link tipe ini akan membolehkan mesin pencari untuk mengunjungi link yang dimaksud supaya bisa terindeks dengan cepat.


Link dofollow bisa memberikan referral traffic pada laman web yang dituju dan membantu meningkatkan ranking serta visibilitasnya di SERP.


Tetapi, ada juga link/tautan dofollow yang dianggap kurang bagus atau jelek. Biasanya, link dofollow bisa dianggap kurang bagus apabila ketahuan mencurigakan atau didapatkan dengan melanggar ketentuan dari mesin pencari.


Backlink yang jelek, dampaknya bisa membuat laman web-mu tidak terindeks, lebih parahnya tidak muncul di halaman mesin pencari. Oleh sebab itu, amat penting untuk memperoleh backlink yang bermutu dan berkualitas.


Manfaat Backlink

Selain membuat laman web disenangi oleh mesin pencari, backlink juga punya manfaat lain yang tak kalah penting untuk meningkatkan SEO pada laman web-mu.


1. Mempercepat pengindeksan

Mesin pencari bekerja dengan menjalankan crawling laman web secara terstruktur, kemudian melakukan pengindeksan dari hasil crawling. Tugas itu dikerjakan oleh crawler bot dengan metode menyusuri setiap link yang terdapat di tiap-tiap laman web yang dikunjunginya.


Dengan kualitas backlink yang bagus, laman web-mu akan lebih instan atau cepat terindeks oleh mesin pencari sehingga lebih gampang ditemukan di hasil pencarian.


2. Meningkatkan referral traffic

Selain memperoleh traffic dari halaman pencarian, laman web yang mempunyai backlink juga akan menerima traffic tambahan dari situs yang memberikan backlink.


Dengan demikian, traffic pada laman web-mu juga tentunya akan semakin meningkat. Apalagi, bila situs yang memberikan backlink termasuk situs web yang populer dengan nilai traffic yang tinggi.


3. Meningkatkan Domain Authority (DA)

Backlink juga merupakan salah satu elemen yang bisa meningkatkan Domain Authority (DA) suatu laman web. DA sendiri dipakai sebagai matriks untuk menilai kekuatan secara keseluruhan laman web.


Sesuai dengan matriks SEO yang berlaku saat ini, semakin tinggi skor DA suatu laman web, maka akan semakin gampang bagi laman web itu berada di posisi teratas mesin pencari.


4. Meningkatkan Page Authority (PA)

Backlink atau tautan balik merupakan salah satu dasar pengukuran matriks SEO yang cukup populer. Dimana, laman web dengan backlink yang bagus nantinya akan meningkatkan skor Page Authority (PA).


Lain halnya dengan Domain Authority (DA), PA dipakai untuk menilai URL pada tingkat halaman. Nilai PA berkisar antara 1 sampai 100. Semakin tinggi nilai PA yang dimiliki oleh suatu situs web, maka akan semakin besar peluang menduduki peringkat teratas hasil pencarian atau SERP.


5. Membangun reputasi website

Situs web dengan banyak backlink akan dianggap sebagai situs yang populer oleh mesin pencari. Sementara itu, saat kamu mengetikkan suatu keyword di address bar, Google cenderung akan memberikan hasil pencarian dari situs web populer dengan backlink yang bagus di dalamnya.


Untuk itu, amat penting bagi laman web-mu untuk mulai membangun backlink supaya semakin gampang berada di peringkat atas hasil pencarian.


Cara Mendapatkan Backlink

Setelah mengenal manfaat yang didapatkan dari backlink, mungkin kamu mulai berminat untuk membangun backlink pada laman web-mu. Berikut ini metode yang dapat kamu lakukan untuk menemukan backlink


1. Buat konten yang berkualitas

Dengan membuat konten yang bermutu, orang-orang akan dengan gampang menjadikan laman web-mu sebagai rujukan dan memberikan backlink menuju situs-mu.


2. Manfaatkan platform lain

Selain dengan menerima backlink dari orang-orang yang menjadikan laman web-mu sebagai rujukan, kamu juga dapat memanfaatkan platform media sosial untuk menemukan backlink.


Cantumkan link menuju laman web-mu di semua media sosial yang kamu miliki. Selain itu, juga dapat menyisipkan link situs di website forum diskusi, kolom komentar blog, dan lain sebagainya.


3. Gunakan beberapa metode backlink building

Beberapa cara yang dapat kamu gunakan dalam membangun backlink adalah sbb:

  • Melakukan Guest Blogging, yakni menulis artikel di laman web di blog/web lain sembari mencantumkan link menuju situs-mu.
  • Membangun broken link, dengan menemukan broken link yang relevan pada suatu laman web, lalu menawarkan situs-mu sebagai gantinya.
  • Teknik Skyscraper, maksudnya ialah dengan menemukan konten yang mempunyai banyak tautan, kemudian membikin konten yang relevan dengan lebih bagus dan memintanya untuk menautkan lamanweb milikmu.


Cara Cek Backlink Kompetitor

Ada banyak tools yang dapat dipakai secara gratisuntuk mengecek strategi link building milik kompetitor lain. Lebih jelasnya, berikut metode cek backlink kompetitor secara gratis:


1. Gunakan site: inurl “nama situs/domain”

Metode cek backlink kompetitor yang bisa dilakukan ialah dengan mengetikkan langsung kode atau footprint di dork Google, yaitu:


site: inurl "nama domain/halaman"

Sebagai contoh,  site: inurl “https://indogabut.blogspot.com/2023/01/apa-itu-backlink.html/


2. Gunakan Ahrefs Free Backlink Checker

Ahrefs merupakan salah satu tools yang bisa membantu kamu menemukan data backlink kompetitor. Ahrefs ini dipercaya sebagai tools yang disarankan oleh para expert untuk membantu optimasi SEO yang berakitan dengan link building. Sayangnya untuk memakai tools ini, kamu harus membayar kurang lebih Rp1.200.00 per bulannya. Tetapi ada juga versi gratisan, hanya saja jumlah untuk mengecek backlink kompetitor dibatasi.


3. Gunakan Ubersuggest by Neil Patel

Metode cek backlink yang berikutnya ialah memakai Ubersuggest. Tools ini bisa membantu kamu memeriksa performa laman web milik sendiri atau kompetitor, salah satunya dengan backlink checker. Kamu dapat menggunakan Ubersuggest seharga Rp170.000 per bulannya. Mirip dengan Ahrefs, Ubersuggest juga menyediakan alternatif gratis dengan batasan maksimal 2x audit untuk tiap 24 jam.


Penutup

Backlink merupakan salah satu faktor yang bisa meningkatkan performa SEO pada situs web kamu. Dengan mempunyai backlink yang bermutu, laman web-mu akan lebih gampang diindeks oleh mesin pencari, meningkatkan DA dan PA, serta membangun reputasi website yang lebih bagus lagi.



Lebih baru Terlama

Related Posts