Featured Highlighted Categories

You'll discover all of the most up-to-date bring innovative here.

Indogabut

Contact form

Marketing Development
Free Online Marketing Curriculum Development that you can directly adapt and execute on your website.
Blogging guide Book
Best Digital Marketing Course/SEO Optimization free to use and implement on your website easily.

Easy Steps To Learn Blogging and Digital Marketing.

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquam necessitatibus libero id, fuga, quis eligendi, ullam optio dolores volupt…
Easy Steps To Learn Blogging and Digital Marketing.
Products

Products

Experiments

Experiments

Google Lab

Google Lab

Game

Game

News Updates

News Updates

Education

Education

Design by - Blogger Templates | Distributed by Free Blogger Templates

Made with Love by

Citron Template is Designed Theme for Giving Enhanced look Various Features are available Which is designed in User friendly to handle by Piki Developers. Simple and elegant themes for making it more comfortable
Off-page SEO
The practice of supporting the growth of web pages in search engines to something in promote increased
Affiliate Product
Even if you don't have your own products to sell, there are 7 steps to follow to started selling online.
Link Building
Inexpensive Link Building Curriculum Creation that you can readily modify and install on your website.
On-page SEO
The technique of contribute towards the development web pages in search engines in order to rank

Apa itu SEO? Definisi, Manfaat, Hingga Cara Kerjanya (Terbaru)

apa itu seo


Banyak metode bisa dilakukan untuk meningkatkan traffic pengunjung laman web, salah satunya dengan mengaplikasikan teknik SEO (Search Engine Optimization) di dalam website yang sedang kelola.


Apabila kamu merupakan seorang pemula dalam pengelolaan laman web, SEO adalah hal yang wajib kamu kuasai, sudah seharusnya mengenal SEO itu apa, manfaat, metode kerja sampai macam-macam jenis dan teknik SEO yang nantinya akan membantumu dalam memahami SEO itu sendiri.


Tentu dengan adanya tulisan ini akan membantumu dalam mengetahui SEO dengan lebih mendalam dan pastinya akan gampang kamu pahami.


Apa Yang Dimaksud Dengan SEO?

Apa sih SEO itu? SEO adalah singkatan dari "Search Engine Optimization" merupakan teknik yang dipakai untuk optimisasi suatu laman web dengan tujuan mempermudah mesin pencari dalam menemukan sebuah laman web dan menempatkannya di halaman pertama mesin pencari dengan keyword yang ditetapkan oleh user.


Dengan menempati halaman pertama dan berada di urutan teratas mesin pencari maka akan lebih berpeluang besar dalam menerima pengunjung yang lebih banyak.


SEO sangat berkonsentrasi terhadap kata kunci yang diinputkan oleh user, oleh sebab itu dengan menggunakan teknik SEO, akan membantumu dalam menemukan sasaran user yang ideal untuk seluruh konten yang kamu buat.


Tentu dengan menyaring kata kunci yang ada, user dengan sasaran yang pas akan menerima manfaat dari isi konten yang kamu buat.


Dengan manfaat yang diperoleh user dari konten yang kamu bikin, tak mustahil bila user akan kembali lagi ke laman web-mu dan membaca konten-konten update yang kamu posting.


Apa Manfaat SEO?

Mengapa kita mesti memakai teknik SEO pada laman-web kita?

Ketahui bahwa, fungsi dari SEO merupakan cara untuk mempermudah mesin pencari dalam menetapkan peringkat sebuah laman web di mesin pencari sehingga bisa tampil sesuai dengan relevansi dari kata kunci yang dicari user.


1. Mendapatkan Traffic

Selain itu, menerapkan teknik SEO pada laman web, akan meningkatkan traffic pengunjung jauh lebih banyak. Tentunya pengunjung situsmu semakin bertambah apabila kamu sukses menerapkan teknik SEO ini dan tampil dihalaman pertama mesin pencari.

User secara otomatis akan memilih laman web yang pertama kali dilihat untuk menemukan info yang lebih menarik.


2. Relevansi Target

Manfaat penggunaan teknik SEO pada laman web yang akan kamu peroleh adalah relevansi atau akurasi sasaran. Mesin pencari akan menuntun pengunjung ke tujuan yang mereka inginkan dengan menginputkan kata kunci. Ini akan membikin laman web atau konten yang kamu buat menjadi lebih layak dengan sasaran yang diinginkan.


3. Meningkatkan Kepercayaan Terhadap Laman Web

Laman web yang tampil di halaman pertama dapat dipastikan mempunyai kepercayaan pelanggan yang lebih tinggi. Itu dikarenakan rekomendasi yang diberi mesin pencari dianggap sangat relevan untuk memberikan info yang diperlukan user.


4. Meningkatkan Brand

Bila kamu seorang pebisnis, teknik SEO bisa diterapkan untuk meningkatkan brand awareness yang tentu saja memberikan dampak yang berkali-kali lipat. Bagaimana tidak? Bayangkan saja dengan penggunaan teknik SEO ini akan meningkatkan mesin pencari untuk menemukan laman web kamu, apabila web-mu berada pada halaman pertama, itu menyebabkan banyak orang baru yang melihat mengenai situs-mu. Secara tidak langsung akan menjadi sebuah promosi yang berpeluang mendatangkan pelanggan baru.


5. Promosi Berkelanjutan

Kamu bisa memanfaatkan teknik SEO untuk menjalankan promosi 24 jam secara gratis. Berbeda bila kamu memakai google Ads yang membutuhkan biaya extra untuk mendatangkan calon pelanggan. Dengan menerapkan teknik SEO kamu bisa mempromosikan brand 24 jam tanpa henti selama laman web-mu tidak hilang.


Bagaimana Cara Kerja SEO?

Nah kamu pasti ingin tau bagaimana cara kerja SEO itu sendiri bukan?


Perlu kamu perhatikan bahwa mesin pencari akan membantu user untuk menemukan topik yang dicari dengan menginputkan kata kunci (keyword). Oleh karena itu kamu harus menentukan kata kunci yang tepat untuk artiken ataupun konten yang hendak kamu publikasikan.


Tapi dengan menentukan kata kuncipun belum efektif jika kamu tidak mengetahui bagaimana cara kerja mesin pencari dan bagaimana bisa mesin pencari menempatkan websitemu di top position anatara peringkat 1 sampai peringkat 3.


Search Engine atau yang lebih kita kenali dengan mesin pencari memiliki tiga tugas utama guna memfilter permintaan yang kamu inputkan.


  • Crawling

Crawling merupakan proses yang pertama dilakukan oleh mesin pencari. Mesin pencari akan melakukan crawling ini dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi mendetail dari sebuah website. Proses ini dilakukan oleh Bot yang bekerja secara terus-menerus mengumpulkan detail website seperti halaman, judul, kata kunci, gambar hingga internal link yang ada pada website.


  • Indexing

Setelah mesin pencari melakukan crawling, selanjutnya data-data akan disimpan pada database search engine dengan kata kunci tertenu. Halaman-halaman yang belum terindex tidak akan tampil di search engine.


  • Processing

Pada tahap processing ini mesin pencari akan menerima permintaan dari user dengan inputan kata kunci yang diketikkan di mesin pencari. Selanjutnya mesin pencari akan melakukan perbandingan kata kunci dengan membandingkan website-website yang terindex di database mesin pencari.


  • Calculating Relevancy

Calculating relevancy ini merupakan pembandingan halaman-halaman website yang sebelumnya telah terindex untuk mencari website dengan kata kunci relevan sesuai dengan permintaan user. Semakin relevan website tersebut akan memiliki kemugkinan besar untuk tampil di halaman utama mesin pencari


  • Retrieval

Tahap ini merupakan langkah mesin pencari dengan memberikan halaman website yang relevan dengan permintaan user. Setiap search engine memiliki algoritma yang berbeda untuk menentukan suatu halaman yang akan ditampilkan di halaman pertama. Setiap mesin pencari memiliki algoritma yang berbeda, oleh karena itu akan berbeda pula hasil pencarian yang ditampilkan walau dengan kata kunci yang sama.


  • Ranking

Mesin pencari tidak akan sebarangan dalam memposisikan ranking pencarian. Mesin pencari akan melakukan proses di atas guna menampilkan halaman yang relevan untuk user dengan inputan kata kunci yang relevan. Ini sangat berkaitan erat dengan SEO (Search Engine Optimization) dimana semakin relevan halaman website, maka memiliki kemungkinan besar untuk mendapatkan ranking teratas.


SEO sendiri bekerja untuk mengoptimalkan keyword yang digunakan guna mudah teridex oleh mesin pencari sehingga halaman mendapat peringkat teratas dan ditampilkan dihalaman utama mesin pencari sesuai dengan relevansi kata kunci yang diinputkan oleh user di mesin pencari.


Jenis-Jenis SEO

Setelah kamu mengetahui bagaimana cara kerja mesin pencari dalam memfilter website guna ditampilkan di halaman utama, selanjutnya kamu harus mengetahui jenis-jenis dari Search Engine Optimization.


- SEO On-page

SEO on page merupakan optimisasi SEO pada halaman depan website dengan memperhatikan, Permalink, Judul Konten, Struktur Konten, Gambar Konten, Sebaran Kata Kunci, Kualitas konten, Internal linking dan Elemen SEO menyangkut (meta description, tag, dll).


Dengan mempraktikan SEO on page pada website, dapat mengoptimalkan halaman website untuk mendapat peringkat yang lebih tinggi dan lebih mudah untuk tampil di penelusuran mesin pencari.


Selain itu kamu juga harus memiliki kualitas konten yang relevan sehingga mesin pencari dapat menemukan website kamu dengan kata kunci yang relevan. Dengan konten yang relevan akan menjawab dari kebutuhan audiens bukan? Jadi untuk kamu yang baru memulai dan baru belajar SEO, alangkah baiknya kamu memahami tentang SEO on page ini.


- SEO Off-page

Jika SEO on page berfokus kepada internal website berbeda dengan SEO off page yang lebih berfokus kepada eksternal website.


SEO off page merupakan upaya optimisasi SEO di luar website dengan memperhatikan aspek-aspek yang semestinya ditingkatkan, seperti: Link building (menanamkan backlink), Peningkatan Domain Authority (DA), Peningkatan PA (Page Authority), dan Promosi melalui media sosial atau marketing lainnya.


Dengan menerapkan SEO off page ini akan membuat websitemu memiliki kredibilitas tinggi sehingga mendapatkan kepercayaan dari google untuk ditempatkan di ranking teratas.


- Technical SEO

Technical SEO merupakan upaya optimisasi SEO dari bagian dalam website, dengan memperhatikan aspek berupa: Kecepan website, Struktur website, XML Sitemap, Kemanan (SLL), Tema yang SEO Friendly, Layout website dan Navigasi.


Dengan menerapkan technical SEO, website kamu akan memiliki struktur yang bagus dan mudah untuk di baca oleh mesin pencari.


Penutup

Dengan menerapkan teknik SEO yang friendly pada website akan meningkatkan traffic yang lebih banyak dengan target yang relevan.




Related Posts