Featured Highlighted Categories

You'll discover all of the most up-to-date bring innovative here.

Indogabut

Contact form

Marketing Development
Free Online Marketing Curriculum Development that you can directly adapt and execute on your website.
Blogging guide Book
Best Digital Marketing Course/SEO Optimization free to use and implement on your website easily.

Easy Steps To Learn Blogging and Digital Marketing.

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquam necessitatibus libero id, fuga, quis eligendi, ullam optio dolores volupt…
Easy Steps To Learn Blogging and Digital Marketing.
Products

Products

Experiments

Experiments

Google Lab

Google Lab

Game

Game

News Updates

News Updates

Education

Education

Design by - Blogger Templates | Distributed by Free Blogger Templates

Made with Love by

Citron Template is Designed Theme for Giving Enhanced look Various Features are available Which is designed in User friendly to handle by Piki Developers. Simple and elegant themes for making it more comfortable
Off-page SEO
The practice of supporting the growth of web pages in search engines to something in promote increased
Affiliate Product
Even if you don't have your own products to sell, there are 7 steps to follow to started selling online.
Link Building
Inexpensive Link Building Curriculum Creation that you can readily modify and install on your website.
On-page SEO
The technique of contribute towards the development web pages in search engines in order to rank

5 Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia Fresh Graduate, Buat HRD Kepincut!

contoh cover letter

 Lulus kuliah atau ingin pindah tempat kerja membuka babak baru kehidupan karier Anda. Jika Anda adalah seorang pemula atau fresh graduate yang hendak terjun ke dunia kerja, Anda pasti akan dihadapkan dengan persyaratan berupa cover letter untuk dilampirkan bersama surat lamaran. Namun, jika usaha Anda belum berbuah manis, coba evaluasi kembali, jangan-jangan ada kesalahan pada saat membaca contoh cover letter atau surat pengantar lamaran kerja yang Anda kirimkan ke perusahaan.

Jadi, cover letter memainkan peran yang cukup krusial dalam dokumen lamaran pekerjaan. Untuk itu membuat cover letter tak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Anda harus membuatnya dengan ringkas, rapi dan informatif, agar rekruter tertarik dan melanjutkan proses penyeleksian dokumen lamaran Anda.

Apa itu cover letter? Ini mungkin adalah pertanyaan yang akan terlontar dari Anda yang baru pertama kali mendengar kata cover letter.

Cover letter adalah surat pengantar lamaran kerja yang umumnya diminta untuk diberikan bersama curriculum vitae (CV). Cover letter merupakan dokumen yang berisi tentang latar belakang diri beserta penjelasan ringkas mengenai motivasi dan kualifikasi Anda dalam melamar pekerjaan tersebut.

Membuat cover letter yang baik dan benar akan memperbesar peluang Anda masuk dalam tahapan rekrutmen berikutnya. Untuk itu, artikel ini akan membahas:

  • Apa Itu Cover Letter?
  • Pentingnya Lampiran Cover Letter dalam Melamar Pekerjaan
  • Cara Membuat Cover Letter
  • Contoh Cover Letter Berbagai Bidang Pekerjaan

Apa Itu Cover Letter?

Cover letter adalah dokumen satu halaman yang Anda kirimkan sebagai bagian dari lamaran pekerjaan Anda bersama CV atau Resume. Bisa dibilang, surat pengantar ini punya peran lebih sederhana. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan diri Anda dan secara singkat dengan meringkas latar belakang profesional Anda.

Itulah mengapa cover letter biasanya lebih singkat dan tidak memuat informasi detail terkait diri Anda sebagai pelamar kerja. Cover letter yang baik dapat memicu minat manajer SDM dan membuat mereka membaca resume Anda secara keseluruhan. Namun, pastikan cover letter sudah memuat informasi kontak, motivasi Anda melamar, serta mengapa Anda layak bekerja di perusahaan tersebut. Di sisi lain, cover letter yang buruk, dapat membuat dokumen Anda menjadi tidak menarik lagi dan tidak akan diproses lebih lanjut.

Jadi, penting untuk mengetahui cara menulis cover letter yang meyakinkan. Anda bisa mempelajarinya setelah mengetahui dengan jelas apa itu cover letter dalam dokumen lamaran kerja. Mengingat sekarang Anda lebih sering melamar pekerjaan melalui email, maka application letter dan resume adalah dua dokumen yang perlu dilampirkan sebagai lampiran. Sebaiknya isi di dalam cover letter bukanlah informasi pengulangan dari resume yang telah dibuat, melainkan informasi baru dan unik sebagai karyawan yang bisa memberikan perekrut wawasan baru tentang diri Anda.

Pentingnya Cover Letter dalam Melamar Pekerjaan

Surat ini dapat memberi Anda kesempatan untuk menguraikan cerita Anda sebelum mendapatkan kesempatan untuk wawancara dengan perusahaan. Banyak perusahaan yang sangat menghargai cover letter yang ditulis dengan baik. Cover letter yang disusun yang bagus dapat membantu Anda untuk cepat mendapatkan perhatian dari perusahaan.

Perbedaan utama antara resume dan surat lamaran adalah resume mencakup fakta tentang apa yang telah Anda lakukan, sedangkan surat lamaran menunjukkan kepribadian Anda kepada perusahaan. Membangun hubungan dengan perusahaan sangat penting untuk mendapatkan pekerjaan yang selaras dengan tujuan karir Anda. Hal yang sama berlaku dengan tujuan cover letter.

Cover letter penting untuk memberikan informasi pada perusahaan mengenai dari mana Anda mendapatkan informasi lowongan. Anda juga bisa memberikan informasi terkait jaringan atau kenalan staff di perusahaan tersebut yang sanggup memberikan referensi atau rekomendasi.

Cara Membuat Cover Letter yang Baik

Setelah mengetahui apa itu cover letter, hal selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah bagaimana cara serta tips membuat cover letter yang baik. Cover letter yang sempurna untuk resume Anda terdiri dari empat bagian. Pertama, salam profesional yang menyapa pihak perekrut jika bisa dengan nama jelasnya. Selanjutnya, paragraf pembuka yang menarik perhatian yang memperkenalkan diri Anda dan niat Anda untuk melamar.

Pada paragraf isi Anda bisa membuat hingga dua paragraf yang menjelaskan pengalaman profesional, pencapaian, keterampilan, dan pendidikan Anda yang relevan. Pada penutup, surat lamaran bisa berisi ajakan bertindak meminta atau memohon manajer perekrutan untuk mengundang Anda untuk wawancara. Secara lebih rinci, tiga bagian utama cover letter yaitu:

1. Pembuka

Bagian pertama cover letter, pembukaan surat lamaran Anda harus berisi pengenalan diri. Tulis tentang siapa Anda, apa keahlian Anda, di mana Anda menemukan informasi tentang lowongan pekerjaan, dan mengapa Anda ingin melamar pekerjaan tersebut.

2. Isi

Paragraf kedua cover letter Anda harus menanggapi langsung deskripsi pekerjaan yang ditulis oleh perekrut. Jelaskan bagaimana pengalaman kerja, keterampilan, dan kemampuan Anda sebelumnya akan membantu Anda memenuhi kebutuhan perusahaan. Untuk membuatnya lebih mudah, Anda harus memasukkan kata dan frasa yang tepat dari deskripsi pekerjaan di surat lamaran Anda.

Anda dapat menyertakan daftar berpoin pencapaian Anda. Pastikan untuk menggunakan angka atau persentase untuk menekankan poin-poin Anda (misalnya, Anda pernah meningkatkan pendapatan penjualan sekian %). Lakukan riset tentang perusahaan dan cari tahu apa kegiatan dan tujuan mereka saat ini. Jelaskan bagaimana Anda dapat membantu mereka mencapai tujuan tersebut.

3. Penutup

Penutup cover letter adalah bagian ajakan bertindak dari surat lamaran Anda. Sampaikan pada perekrut mengenai harapan Anda ingin dipanggil untuk wawancara. Berikan alamat email Anda atau informasi kontak lainnya dan sampaikan juga bahwa Anda siap untuk dipanggil dalam periode waktu tertentu dan akan menghubungi dalam satu minggu jika Anda tidak mendapat balasan. Terakhir, berterima kasihlah kepada mereka karena telah meluangkan waktu untuk membaca surat lamaran Anda.

Tips Membuat Cover Letter

Dalam pembuatan cover letter, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar cover letter Anda terlihat baik dan menarik di mata HRD. Berikut beberapa tips yang bisa membantu membuat cover letter tampak meyakinkan;

  • Baca dengan baik apa saja persyaratan yang dibutuhkan dalam lowongan pekerjaan. Hal ini dibutuhkan agar isi dari cover letter sesuai dengan kebutuhan dalam info lowongan tersebut
  • Tulis cover letter dengan menggunakan bahasa baku menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jangan gunakan bahasa yang biasa Anda ucapkan sehari-hari.
  • Gunakanlah kata-kata yang mudah dipahami, singkat, padat, jelas, sopan, dan menarik.
  • Subjek yang dituju harus jelas. Biasanya subjek yang dituju yaitu manajer HRD atau pemilik usaha (owner). Namun jika Anda mengetahui nama manajer HRD atau pemiliknya, pastikan ejaan nama, gelar, dan jabatannya, benar. Nama perusahaan dan alamatnya pun jangan sampai keliru, karena jika sampai keliru, bisa mengurangi poin Anda di mata HRD.
  • Pastikan kertas yang Anda gunakan untuk mencetak atau menulis cover letter ini bersih dan baru, tidak ada bekas penghapus atau tip-ex, tidak ada lipatan, dan tidak ada bekas noda apapun.
  • Jika Anda menulis cover letter dengan tulisan tangan, pastikan tulisan tangan Anda dapat dibaca. Jika Anda menulis cover letter dengan diketik computer, jangan gunakan jenis font yang aneh-aneh. Anda bisa menggunakan jenis font seperti Arial, Calibri, Garamond, dan Helvetica.

Ini 5 Contoh Cover Letter Berbagai Bidang Pekerjaan

1. Cover Letter Bahasa Indonesia Lulusan Baru (Fresh Graduate)

Untuk lulusan baru Anda bisa mencantumkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) selain pencapaian dan pengalaman magang sebagai pertimbangan untuk perusahaan. Anda juga bisa mencantumkan daftar dokumen yang Anda cantumkan dalam email. Simak cover letter bahasa indonesia untuk lulusan baru (fresh graduate).

———————————————————————————————————————————-
Dengan hormat Bapak/Ibu Manager HRD [nama Perusahaan],

Melalui email ini saya bermaksud melamar pekerjaan untuk posisi Social Media Staff di [nama Perusahaan] sebagaimana yang diiklankan di website (nama website). Saat ini saya adalah fresh graduate dari Universitas Gadjah Mada jurusan Komunikasi dengan nilai IPK 3,7.

Ketika kuliah, saya pernah magang sebagai staf sosial media di (nama perusahaan) untuk posisi yang sama selama kurang lebih tiga bulan. Selain itu, saya juga sempat bekerja sebagai Pembuat Konten selama 2 tahun semenjak awal kuliah.

Harapan saya pengalaman tersebut dapat menjadi bekal untuk bekerja di [nama Perusahaan] nantinya.

Bersama email ini juga terlampir beberapa dokumen sebagai syarat kelengkapan administrasi, yakni:

  1. Curriculum Vitae terbaru
  2. FC Ijazah Terakhir
  3. FC Transkrip Nilai
  4. Surat Keterangan Selesai Magang
  5. Surat Keterangan Freelance
  6. Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat untuk Anda pertimbangkan lebih lanjut.

Jika Bapak/Ibu membutuhkan detail lebih lanjut mengenai portofolio atau informasi lainnya, Bapak/Ibu dapat menghubungi saya di nomor kontak 0812345679.

Saya berharap dapat bertemu langsung dengan Bapak/Ibu pada sesi wawancara untuk membahas kualifikasi saya lebih lanjut dan menjelaskan bagaimana saya akan menjadi aset bagi [nama Perusahaan].

Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Bapak/Ibu. Saya menantikan kabar dari Anda.


Hormat Saya,


(Nama Pelamar)
———————————————————————————————————————————-

2. Cover Letter Bahasa Indonesia dengan Pengalaman

Pada cover letter ini, bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman beberapa tahun bekerja bisa mencantumkan daftar pencapaian yang telah Anda raih dalam bidang profesional kerja. Sebaiknya cantumkan angka jelas pada daftar pencapaian tersebut agar semakin dilirik perusahaan. Simak cover letter bahasa indonesia untuk pengalaman.

———————————————————————————————————————————-
Dengan hormat Bapak/Ibu Manager HRD [nama Perusahaan],

Melalui email ini, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai Manager Penjualan di [nama Perusahaan] seperti yang diiklankan di website (nama website).

Saat ini saya bekerja di (nama perusahaan) sebagai Koordinator Penjualan Area dalam dua tahun terakhir. Sepanjang 3 tahun bekerja di bidang Penjualan, saya telah banyak terlibat dalam beberapa proyek profesional dan mampu mencapai target penjualan perusahaan.

Sepanjang karier saya sebagai koordinator, saya pernah:

  • Meningkatkan penjualan sebesar 25% pada tahun 2019.
  • Mendapatkan predikat Koordinator Area dengan performa terbaik 10 besar nasional.
  • Memegang kendali perubahan alur penjualan area karena perubahan besar branding
  • Sebagai tambahan, saya pernah mengikuti pelatihan Internasional Sales Management 2020 sebagai cara memperdalam ilmu strategi penjualan.
  • Saya yakin pengalaman dan keahlian yang saya miliki bisa membawa manfaat untuk perusahaan Anda. Terlampir adalah salinan resume, portofolio proyek dan sertifikat saya yang selanjutnya menjelaskan latar belakang dan keterampilan teknis saya.

Saya dapat dihubungi kapan saja melalui ponsel saya, 08287383783 atau melalui email di name@email.com.

Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Anda. Saya berharap dapat berbicara dengan Anda lebih banyak tentang kesempatan ini.


Salam,


(Nama Pelamar)
———————————————————————————————————————————-

3. Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia Pindah Kerja

Cover letter pindah bidang kerja bisa diterapkan untuk Anda yang menemukan passion baru dan ingin beralih dari pekerjaan sebelumnya. Anda harus bisa meyakinkan perusahaan bahwa Anda memiliki kemampuan relevan yang bisa diaplikasikan saat bekerja pada posisi baru. Simak cover letter bahasa indonesia berikut.

———————————————————————————————————————————-
Dengan hormat Bapak/Ibu [Jabatan] [Nama Pimpinan]

[Alamat Perusahaan]

Saya ingin menyampaikan ketertarikan saya pada posisi [posisi pekerjaan] di PT [Nama Perusahaan]. Pekerjaan ini di luar dari pengalaman dan prestasi saya yang tercantum dalam CV yang saya lampirkan. Namun saya akan sangat senang untuk menjelaskan langsung informasi yang Bapak/Ibu butuhkan.

Sebelumnya saya bekerja di [nama perusahaan] dengan posisi [nama posisi] dimana saya bertanggung jawab untuk [tanggung jawab pekerjaan sebelumnya]. Selama saya bekerja, saya melakukan tanggung jawab dengan baik hingga mendapatkan beberapa pencapaian. Namun tujuan saya mengisi posisi [posisi pekerjaan] di PT [Nama Perusahaan] adalah karena saya saat ini adalah merubah arah karir saya sesuai passion saya selama ini yaitu : [bidang passion yang relevan].

Selama ini saya banyak belajar dan mengikuti kelas-kelas berkaitan [bidang passion yang relevan]. Saya juga juga bisa menerapkan kemampuan (daftar skills) dari pekerjaan sebelumnya yang masih relevan untuk posisi baru ini. Dengan kombinasi kedua hal tersebut saya yakin bahwa bekerja sebagai [posisi pekerjaan] di PT [Nama Perusahaan] akan menjadi kesempatan terbaik untuk mengembangkan kemampuan dan memberikan kemajuan bagi perusahaan.

Saya berharap dapat melakukan wawancara dan berbincang secara langsung dengan Bapak/Ibu. Terlampir adalah salinan resume, portofolio proyek dan sertifikat saya yang selanjutnya menjelaskan latar belakang dan keterampilan teknis saya. Saya dapat dihubungi kapan saja melalui ponsel saya, 08287383783 atau melalui email di name@email.com.

Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Anda. Saya berharap dapat berbicara dengan Anda lebih banyak tentang kesempatan ini.


Salam,


[Nama Lengkap]
———————————————————————————————————————————-

4. Contoh Cover Letter untuk Lulusan Baru / Fresh Graduate

Cover Letter Fresh Graduate

Untuk fresh graduate atau Anda yang baru lulus kuliah, Anda bisa menyampaikan informasi mengenai pencapaian dan pengalaman magang Anda selama kuliah dalam paragraf utama. Sampaikan juga bahwa Anda Adalah orang yang senang belajar dan memiliki motivasi yang kuat untuk bekerja di perusahaan yang Anda lamar.

5. Contoh Cover Letter untuk Profesional

Cover Letter Profesional

Pada level manajemen menengah Anda perlu menyebutkan pencapaian Anda selama bekerja dalam poin-poin yang jelas agar perekrut tertarik. Anda juga perlu memberikan gambaran skills khusus sesuai bidang pekerjaan yang Anda miliki sehingga bisa membuat perusahaan tertarik.


Penutup

Dalam berkarir ada kalanya Anda menemukan peluang pada bidang yang baru akan Anda geluti secara profesional. Dalam contoh cover letter berikut dijelaskan kemampuan pelamar yang masih relevan dengan bidang pekerjaan baru yang akan digeluti sehingga bisa meyakinkan perusahaan bahwa Anda mempunyai kapabilitas untuk mengisi posisi tersebut.

Kemampuan menulis cover letter dengan struktur yang baik akan meningkat jika semakin banyak Anda mencari referensi cover letter. Pastikan Anda tidak hanya menyalin isinya. Namun, Anda harus tetap menyesuaikannya dengan kemampuan personal dan kebutuhan perusahaan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan impian.



Related Posts