Apa itu Platform?
Apa itu platform? platform adalah dasar dari sistem teknologi yang berupa software maupun hardware yang menggerakkan suatu aplikasi atau layanan.
Tech Target mendefinisikan platform adalah hardware atau software yang menggerakkan suatu aplikasi atau layanan. Artinya, platform menjadi pondasi untuk pengembangan hardware atau software tersebut.
Setiap platform memiliki seperangkat pengaturan, standar, fitur, dan batasan-batasannya sendiri.
Saat ini, kata platform sangat lekat dengan dunia digital marketing. Hal ini dikarenakan digital marketing sangat bergantung pada teknologi ini.
Digital Platform
Berangkat dari definisi umumnya, maka digital platform merupakan wadah yang mendukung segala aktivitas di internet, termasuk pemasaran secara online.
Marketing Evolution menyebutkan platform digital marketing dapat mendukung berbagai fungsi dan kebutuhan pemasaran.
Dalam konteks digital marketing, platform mencakup semua tools yang memungkinkan bisnis untuk mempromosikan produk dan layanan, serta membangun komunikasi interaktif dengan konsumen.
Dengan adanya platform digital marketing, bisnis bisa menjangkau konsumen dalam jumlah besar tanpa batasan ruang dan waktu.
Misalnya, brand dapat menawarkan diskon produk kapanpun ke pelanggan melalui e-mail.
Fungsi Platform Digital Marketing
DigitalMaas telah merangkum berbagai manfaat platform digital marketing, di antaranya:
1. Meningkatkan kehadiran perusahaan secara online
Bisnis yang telah merambah ke dunia digital tentu ingin website sekaligus akun media sosialnya bisa ditemukan pengunjung dan customer dengan mudah. Berbagai platform digital marketing membantu perusahaan mewujudkan tujuan itu.
Sebagai contoh, Google Ads menawarkan iklan berbayar berbasis pay-per-click yang memungkinkan suatu bisnis beriklan di halaman pertama search engine Google.
2. Mendapatkan hasil berbasis data
Platform digital marketing memberikan hasil yang transparan dan terukur berdasarkan data. Misalnya, ketika bisnis menggunakan strategi SEO, mereka bisa melacak metric utama dan mengetahui bagaimana hasil dari campaign SEO yang sudah dijalankan.
3. Meningkatkan kualitas traffic website
Menggunakan platform digital marketing memudahkan perusahaan menemukan keywords paling efektif yang dapat digunakan untuk meningkatkan traffic. Semakin tinggi traffic suatu website, semakin besar kesempatan mendapatkan banyak conversion.
4. Memaksimalkan laba atas investasi
Ketika suatu perusahaan telah mengetahui campaign apa saja yang berjalan dengan baik, cukup baik, dan kurang baik, mereka bisa membuat strategi guna memaksimalkan penghasilan. Ini bisa dilakukan dengan cara meningkatkan leads, membangun brand awareness, memaksimalkan ROI, dan sebagainya.
Contoh Platform Digital Marketing
Platform digital marketing sangat banyak dan beragam. Setiap digital marketer bisa memilih platform apa yang akan digunakan untuk mencapai tujuan marketing. Beberapa contoh platform digital marketing antara lain:
Platform social media
Per Januari 2022, pengguna sosial media di Indonesia sudah mencapai 191,5 juta orang atau 68.9% dari keseluruhan populasi (Digital Business Lab). Brand yang tidak memiliki online presence akan kehilangan kesempatan besar untuk menjangkau calon pelanggan potensial.
Berikut beberapa contoh platform social media yang merajai pasar Indonesia:
- YouTube
- TikTok
Platform-platform di atas juga dipakai untuk menjalankan strategi influencer marketing. Biasanya, pilihan platform social media tergantung di mana influencer punya basis pengikut yang besar dan loyal.
Contoh, seorang influencer rajin me-review mobil lewat konten-konten di YouTube miliknya. Maka brand mobil yang ingin mengajaknya bekerja sama juga akan menggunakan platform tersebut dalam strategi marketing mereka.
Platform ads
Beriklan di internet memanfaatkan berbagai platform yang menggunakan mekanisme PPC (pay per click). Berikut beberapa contohnya:
- Google Ads
- Facebook Ads
- Instagram Ads
- Twitter Ads
Platform blogging
Digital marketing sangat bergantung pada konten, salah satunya konten artikel. Ada berbagai platform untuk blogging yang bisa dipakai untuk publish artikel secara rutin:
- Wordpress
- Blogspot
- Tumblr
- Wix
- Weebly
Mengapa platform penting untuk kesuksesan digital marketing?
Dirangkum dari Indeed, berikut beberapa fungsi platform digital marketing bagi suatu bisnis:
- Memungkinkan pertumbuhan dan skalabilitas – adanya platform digital marketing membuat penjual dan pembeli berada dalam satu jaringan yang sama, sehingga pertumbuhan audiens juga berjalan lebih cepat. Dengan ini, perusahaan dapat menjangkau pasar yang lebih luas, membangun brand awareness, sekaligus meningkatkan penjualan.
- Menarik user yang mengandalkan teknologi – pemanfaatan teknologi untuk kegiatan jual-beli terus meningkat. Platform digital marketing memudahkan user untuk mencari tahu, berinteraksi, hingga membeli produk/layanan.
- Memandu dalam customer journey – platform digital marketing dapat memandu customer journey dengan cara mengidentifikasi di mana posisi customer selama proses penjualan. Hal ini membuat suatu bisnis bisa mengambil strategi marketing yang lebih efektif dan relevan di waktu yang tepat.
- Berpengaruh terhadap kemajuan teknologi – ketika suatu bisnis menggunakan platform digital marketing, mereka akan menargetkan kelompok tertentu. Berbekal kemajuan artificial intelligence (AI), value bagi konsumen juga akan naik dan bisa meningkatkan upaya marketing.
Penutup
Platform adalah serangkaian teknologi yang digunakan sebagai pondasi dalam mengembangkan software dan hardware.
Dalam dunia digital marketing, platform mengacu pada teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan marketing perusahaan di internet.
Platform digital marketing memiliki banyak manfaat bagi bisnis, antara lain meningkatkan traffic website, meningkatkan kehadiran perusahaan secara online, mendapatkan hasil berbasis data, dan memaksimalkan laba atas investasi.