Apa itu QR Code?
QR code adalah singkatan dari quick response code, suatu kode matriks dua dimensi yang menyimpan informasi hingga ribuan karakter alfanumerik.
Dikutip dari Investopedia, QR code adalah singkatan dari quick response code, salah satu jenis barcode yang dapat dibaca dengan mudah oleh perangkat digital. QR code menyimpan informasi dalam rangkaian gambar pixel berbentuk persegi.
Kode QR merupakan hasil kemajuan dari teknologi barcode. Dibanding barcode tradisional, QR code dapat menyimpan lebih banyak informasi.
Data yang disimpan dalam satu kode QR dapat mencakup alamat URL website, nomor kontak handphone, nomor rekening bank, dengan ketentuan maksimal 4.000 karakter.
Contoh QR Code
Penggunaan QR code semakin tersebar luas. Di Indonesia, kode QR banyak dipakai untuk pembayaran e-wallet dan mobile banking. Termasuk untuk menyimpan menu digital di beberapa restoran.
Praktisi digital marketing juga memakai QR code untuk membawa calon pelanggan potensial ke platform online yang ditargetkan.
Dengan menge-scan kode QR, calon pelanggan bisa diarahkan langsung menuju halaman homepage website, landing page yang menawarkan promo belanja maupun giveaway, atau bahkan laman yang menawarkan berbagai unduhan gratis.
Apa fungsi QR Code?
Ada beberapa fungsi QR code yang bisa dimanfaatkan dalam strategi pemasaran dikutip dari Smart Insights:
- Mengarahkan pelanggan ke landing page atau website secara langsung
- Menyimpan nomor kontak bisnis yang bisa dihubungi langsung via telepon maupun WhatsApp
- Menyimpan alamat kantor yang mengarahkan langsung ke titiknya di Google Maps
- Menyimpan link yang mengarahkan ke kontak e-mail
- Mengarahkan pelanggan ke link download aplikasi di App Store maupun Play Store
- Mengarahkan pelanggan ke link akun penjual di platform e-commerce
- Mengarahkan pelanggan ke laman akun sosial media