Featured Highlighted Categories

You'll discover all of the most up-to-date bring innovative here.

Indogabut

Contact form

Marketing Development
Free Online Marketing Curriculum Development that you can directly adapt and execute on your website.
Blogging guide Book
Best Digital Marketing Course/SEO Optimization free to use and implement on your website easily.

Easy Steps To Learn Blogging and Digital Marketing.

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquam necessitatibus libero id, fuga, quis eligendi, ullam optio dolores volupt…
Easy Steps To Learn Blogging and Digital Marketing.
Products

Products

Experiments

Experiments

Google Lab

Google Lab

Game

Game

News Updates

News Updates

Education

Education

Design by - Blogger Templates | Distributed by Free Blogger Templates

Made with Love by

Citron Template is Designed Theme for Giving Enhanced look Various Features are available Which is designed in User friendly to handle by Piki Developers. Simple and elegant themes for making it more comfortable
Off-page SEO
The practice of supporting the growth of web pages in search engines to something in promote increased
Affiliate Product
Even if you don't have your own products to sell, there are 7 steps to follow to started selling online.
Link Building
Inexpensive Link Building Curriculum Creation that you can readily modify and install on your website.
On-page SEO
The technique of contribute towards the development web pages in search engines in order to rank

Tools Untuk Cek Jumlah Backlink Websitemu dan Kompetitor

tools cek backlink


Jika Anda sedang mencari informasi mengenai cara mengecek backlink dan tools apa saja yang berguna untuk tujuan tersebut, maka Anda berada pada artikel yang tepat.


Cek Backlink Website Anda dan Kompetitor

Pada artikel ini kami akan menghadirkan pembahasan komprehensif mengenai apa itu backlink, alasan mengapa backlink itu penting, dan 5 tools terbaik yang bisa digunakan untuk mengecek backlink website Anda sendiri maupun website kompetitor.


Apa itu Backlink?

Backlink adalah sebuah tautan atau link menuju website Anda yang didapatkan dari website lain. Link dari website lain tersebut akan membantu website Anda untuk mendapatkan web traffic dan meningkatkan domain authority.


Sebagai contoh, diandaikan Website A memiliki artikel blog mengenai tanaman hias. Kemudian, Website B yang merupakan sebuah online marketplace khusus tanaman hias menautkan artikel dari Website A pada salah satu halaman web mereka.


Dalam kasus di atas, Website A mendapatkan backlink dari Website B.


Mengapa Backlink itu Penting?

Mendapatkan backlink dari website lain menjadi penting karena backlink merupakan salah satu komponen yang menentukan authority dari situs Anda.


Tentu memiliki authority yang tinggi akan sangat menguntungkan bagi website Anda, mengingat authority merupakan salah satu faktor penentu dari ranking hasil pencarian Google.


Dengan kata lain, semakin tinggi authority dari website Anda, maka kemungkinan untuk mendapatkan ranking pencarian di Google akan semakin besar.


5 Tools Backlink Checker untuk Cek Backlink Website

Saat ini terdapat banyak tools untuk cek backlink (backlink checkers) untuk melihat website apa saja yang memberikan link kepada website Anda. Diantara berbagai tools tersebut, berikut beberapa yang terbaik.


1. Ahrefs

Ahrefs adalah salah satu tool untuk cek backlink terbaik yang ada di pasaran saat ini karena dapat menyediakan data yang komprehensif untuk membantu Anda mengelola dan mendapatkan backlink.


Dengan tool ini, Anda hanya perlu memasukkan URL dari website Anda maupun website kompetitor untuk mendapatkan informasi terkait profil backlink dari URL yang dimasukkan.


Seletah memasukkan URL, Ahrefs akan menampilkan seluruh link yang menuju pada website tersebut. Tool ini juga menyediakan informasi tambahan seperti domain rating dan jumlah juga frekuensi sebuah domain menaut website Anda.


2. Moz Link Explorer

Moz Link Explorer merupakan tool lain yang dapat membantu Anda membangun profil backlink website Anda.


Sama seperti Ahrefs, Anda hanya perlu memasukkan URL pada search bar yang tertera untuk mendapatkan informasi backlink yang lengkap dari website tersebut.


Tool ini juga akan menampilkan informasi tambahan seperti inbound link, anchor text yang digunakan, authority dari web page yang memberikan link, juga spam score.


Untuk merangkum fitur dari Moz Link Explorer, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan tool ini untuk mengelola backlink pada website Anda:

  • Mencari link potensial.
  • Memperbaiki broken link pada website.
  • Memantau lost link (terjadi ketika website lain menghapus link menuju web Anda).
  • Memantau link website kompetitor.
  • Menganalisa anchor text yang digunakan pada backlink.


3. SEMrush

SEMrush merupakan tool SEO dengan database yang sangat besar dan diperbaharui setiap harinya. Hal tersebut membuat SEMrush menjadi salah satu tool backlink checker yang paling akurat.


Menggunakan SEMrush dapat membantu Anda untuk mengelola strategi backlink website Anda maupun memantau backlink dari beberapa kompetitor Anda secara sekaligus.


SEMrush dapat Anda gunakan dalam melakukan beberapa analisis backlink seperti:

  • Mengecek link yang didapatkan website.
  • Melihat domain authority dari website yang menaut.
  • Mengetahui anchor text yang digunakan.
  • Melihat URL dan title dari page penaut.
  • Mengetahui dari mana link didapatkan (secara geografis).


4. Google Search Console

Google Search Console adalah salah satu tool terbaik yang bisa Anda manfaatkan secara gratis untuk mengetahui website apa saja yang memberikan backlink kepada website Anda.


Pada bagian ‘Links’, Anda dapat menemukan berbagai informasi menarik seperti web page yang paling banyak menerima backlink, website yang paling banyak memberikan link kepada web Anda, juga termasuk anchor text yang digunakan untuk menaut website Anda.


5. Ubersuggest

Ubersuggest merupakan tool backlink checker gratis dari Neil Patel. Tool ini didesain untuk membantu Anda mengetahui website apa saja yang memberikan backlink menuju website Anda maupun website kompetitor.


Ubersuggest dapat dengan efisien membantu Anda untuk mendapatkan berbagai informasi berharga terkait backlink seperti:

  • Domain score
  • Page score
  • Jumlah backlink yang didapatkan sebuah page
  • Jumlah Nofollow link
  • Referring domain
  • Anchor text
  • Tipe link


Penutup

Sekarang Anda telah mengetahui cara mengecek backlink website Anda maupun website kompetitor beserta berbagai pilihan tools yang bisa digunakan.


Menggunakan tool backlink checker terbaik dapat memberikan Anda data berharga yang bisa  digunakan kemudian untuk mendapatkan lebih banyak backlink untuk website Anda.


Namun, memantau dan mengelola strategi backlink tentu akan memakan waktu dan usaha yang tidak sedikit. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk merancang dan menjalankan strategi backlink Meson siap membantu lewat jasa SEO kami.


Meson adalah digital marketing agency Jakarta yang telah berpengalaman menjalankan strategi SEO untuk berbagai bisnis dari industri yang beragam.



Related Posts